Maria dan Marta

index

Lukas 10 : 38-42

“tetapi hanya satu saja yang perlu : Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil daripadanya.” (Luk 10 : 42)

Marta dan Maria kedatangan Tamu Agung di rumahnya, maka Marta menyiapkan makanan dan melayani Tamunya tersebut. Sedangkan Maria hanya duduk diam mendengarkan Tuhan berfirman. Marta tidak senang melihat saudaranya yang hanya duduk diam. Marta pun berkata pada Tuhan, meminta Maria untuk membantunya. Namun Tuhan berkata bahwa Maria telah memilih bagian yang terbaik, yaitu mendengarkan Firman-Nya.

Apakah hal yang dilakukan Marta salah? Mengapa Tuhan tidak memuji pelayanan Marta?

Di dalam Alkitab yang kita bahas saat ini, Tuhan ingin mengingatkan kepada kita bahwa hal terbaik adalah duduk diam mendengarkan Firman-Nya. Sekalipun hal yang dipersiapkan Marta baik, namun dari pelayanannya tersebut Marta tidak memiliki kesempatan untuk mendengarkan Kebenaran yang disampaikan oleh Tamunya.

Kadang kita tidak ada bedanya dengan Marta, kita sibuk pelayanan di sana sini, sibuk mengerjakan pekerjaan kita hingga kita lupa untuk duduk diam mendengarkan berita kebenaran-Nya. Kadang kita juga terlalu menikmati aktivitas keseharian kita sehingga kita lupa untuk bersaat teduh, menyisihkan waktu untuk bergumul dengan Tuhan dan merenungkan Firman-Nya.

Sudahkah kita duduk diam merenungkan Kebenaran-Nya? Sudahkah kita datang kepada Tuhan bergumul dan membangun relasi yang intim dengan-Nya? Maukah kita memilih bagian yang terbaik dalam hidup kita?

Mari kita datang kepada Dia dalam segala keadaan kita. Tuhan rindu setiap anak-Nya datang kepada-Nya untuk mendengarkan Sabda dan bergumul kepada-Nya. Mari kita tinggalkan kesibukan kita, dan mari kita luangkan waktu sejenak untuk datang kepada Tuhan. VK

Comments

comments