POHON DAN BUAHNYA, MANUSIA DAN HASILNYA

anggur-4Lukas 6 : 43 – 45

”Sebab setiap pohon dikenal pada buahnya.” (Luk 6 : 44a)

Suatu ketika saya ingin menanam tanaman lombok di rumah. Setiap hari saya rawat, saya siram setiap sore. Pada awalnya tanaman ini tumbuh, dari biji lombok dan menjadi sebuah bibit pohon/tanaman lombok. Namun, karena teriknya matahari yang belakangan ini cukup panas, membuat tanaman lombok saya menjadi kering sebelum menghasilkan buahnya dan akhirnya mati.

Kita sebagai manusia bisa saja diumpamakan seperti tanaman lombok tersebut. Saat kita kecil kita dididik menjadi orang yang baik, sehingga kita bisa bertumbuh dan berkembang ke arah yang baik. Namun saat kita dewasa, apakah kita bisa menumbuh-kembangkan diri kita sendiri ke arah yang baik?

Bertumbuh dan berkembang ke arah yang baik tidaklah mudah untuk dilakukan. Kita sebagai manusia yang ingin bertumbuh ke arah yang baik harus bisa melalui sebuah proses yang nantinya dapat menghasilkan hasil yang baik.

Proses ini merupakan proses dimana kita sebagai manusia, terutama sebagai umat-Nya, harus selalu taat dengan ajaran dan perintah-Nya. Bisa saja dalam proses tersebut kita dituntut untuk menderita seperti Tuhan yang sudah dahulu menderita bagi kita.

Jika kita mulai melenceng dan keluar dari proses tersebut, kita jauh dari ajaran Tuhan, dan kita mulai terhasut dengan nikmat yang ditawarkan oleh dunia, maka kita bisa saja tidak bertumbuh-kembang ke arah yang baik dan tidak menghasilkan buah yang baik.

Jadi, marilah kita sebagai umat-Nya selalu bertumbuh dan berkembang bersama Yesus, sehingga dapat menghasilkan hasil yang baik yang dapat memberkati sesama kita. Dan biarlah istilah “Mereka tahu kita kristen sebab kasih” tidak hanya kalimat semata.

Biarlah mereka mengenal kita sebagai orang kristen dari sikap, ucapan, dan perbuatan yang kita hasilkan dari proses yang luar biasa bersama Tuhan Yesus Kristus. Phil

Comments

comments